Jumat, 14 Desember 2012

Peran Kami



Peran Aktif Pelajar dalam Mengenal dan Melestarikan Budaya Kalimantan Tengah
Setiap pelajar tentu memiliki sekolah yang menyuguhkan ekstrakulikuler yang mengembangkan kebudayaan bahkan dalam pelajaran akademikpun kebudayaan diajarkan.  Oleh sebab itu pelajar sangat berperan aktif dalam melestarikan budaya khususnya budaya daerah kalimantan Tengah.
Pelajar dapat menggunakan media teknologi internet, mengunjungi perpustakaan dan mengunjungi museum sebagai pusat informasi untuk mengenal dan mempelajari kebudayaan daerah Kalimantan Tengah.
Rata-rata para pelajar memiliki jejaring sosial yang dimana jejaring sosial tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pusat berbagi informasi mengenai kebudayaan Kalimantan Tangah. Dengan cara tersebut para pelajar khususnya yang berada di Kalimantan Tangah tertarik dan menumbuhkan rasa sadar untuk melestarikan kebudayaan Daerah kalimantan tengah. Melalui website dan blog seperti yang kami tulis ini adalah merupakan peran kami selaku pelajar berusaha berperan aktif untuk mengenal dan melestarikan budaya Kalimantan Tengah dan berbagi informasi melalui blog ini tentang sinergitas teknologi dan budaya.
Peran kami selaku pelajar yang berada di Kalimantan Tegah yaitu mengikuti kegiatan ektrakulikuler kesenian yang dimana ektrakulikuler tersebut merupakan kegiatan yang juga dapat memperkenalkan dan melestarikan budaya kalimantan Tengah.
Peran yang di lakukan hampir seluruh pelajar di indonesia adalah menggunakan pakaian batik setiap jadwal yang di tentukan. Ini membuktikan bahwa peran akif pelajar dalam mengenal dan melestarikan budaya sudah terlaksana dengan baik. Sehingga mereka mengenal dan mengetahui bahwa batik adalah merupakan kebudayaan yang di wariskan oleh nenek moyang mereka agar kebudayaan tersebut tidak lenyap tersapu waktu.
Mengunjungi tempat-tempat wisata dan tempat-tempat yang mengandung unsur kebudayaan adalah sangat penting. Seperti mengadakan study in museum yang dimana mereka belajar di dalam museum  Balanga yang di dalamnya terdapat berbagai macam budaya khususnya budaya Kalimantan Tengah.
Kebudayaan Kalimantan Tengah tidak kalah dengan kebudayaan-kebudayaan yang ada. Bahkan turis domestik dan mancanegara datang dan ingin mengenal bagaimana kebudayaan yang ada di Daerah kalimantan Tengah.