Jumat, 14 Desember 2012

Budaya


Budaya adalah identitas, ciri, dan jati diri dari Daerah yang memiliki kebiasaan yang sudah menjadi turun temurun. Budaya juga memiliki nilai luhur yang tinggi oleh sebab itulah budaya ini harus tetap di jaga dan di lestarikan. Budaya akan memberikan pengaruh baik terhadap kehidupan manusia yang sanagt berpengaruh dalam kehidupan masyarakat yang mendiami wilayah yang dimana budaya itu berasal.
Manfaat Budaya .
Manfaat budaya sangatlah banyak karena budaya dapat memberikan identitas dan nilai-nilai luhur suatu daerah. Oleh karena itu  dengan adanya budaya maka generasi penerus bangsa khususnya pelajar yaitu dapat mengetahui dan menambah pengetahuan serta mempelajari budaya daerah maupun budaya dari seluruh Nusantara. Selain itu, nilai-nilai luhur dapat di contoh dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.
Manfaat budaya itu sendiri sebenarnya dapat menentukan moral seseorang jika suatu negara mempunyai budaya yang baik, otomatis warga atau pelajar dalam negar tersbut bermoral baik juga.
Budaya daerah dapat dijadikan sebagai hiburan dan tujuan objek wisata yang dapat memberikan pengetahuan serta informasi mengenai budaya yang di tampilkan itu sendiri. Sehingga para pelajar dapat mengerti apa itu budaya dan turut serta dalam memelihara dan melestarikan budaya.
Budaya juga untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan pelajar yang sudah mempelajari kebudayaan dari daerah masing-masing dan juga dapat menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya yang dimiliki oleh daerah khususnya daerah Kalimantan Tengah.